Jangan Minum Teh Seperti Ini, Bisa Berbahaya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID - Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain manfaat tersebut, minum teh juga bisa memberikan efek menenangkan.

Namun, tahukah Anda ada lima kesalahan sepele saat minum teh yang membuat nutrisi teh berkurang dan jadi tidak sehat? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Segelas teh hangat rasanya pas dijadikan teman santai Anda di pagi atau sore hari. Teh juga cocok disajikan  dengan makanan ringan apapun, mau itu klepon, onde-onde hingga gorengan.

Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB-Irmanida Batubara mengatakan, teh kaya akan senyawa antioksidan yang bisa mendetoksifikasi racun di tubuh. Antioksidan dalam teh juga baik untuk kesehatan pencernaan, menjaga gula darah normal, dan sebagai anti-penuaan alami.

"Banyak sekali manfaat teh karena kandungan antioksidannya. Dia bisa sebagai detoks racun, anti kanker, anti inflamasi, mencegah penuaan, dan menjaga berat badan," kata Irma dalam sebuah diskusi daring, beberapa waktu lalu.

Namun penyajian teh yang keliru bisa menihilkan semua manfaat baik teh. Berikut lima kesalahan minum teh yang bikin jadi tak sehat.

1. Diminum sesudah makan

Teh sebenarnya bisa mendetoks racun atau zat pengawet yang terkandung dalam makanan. Minum teh satu jam sebelum makan lebih disarankan ketimbang minum teh setelah makan.

Pasalnya, minum teh setelah makan dapat mengacaukan penyerapan zat gizi dalam tubuh. Kandungan asam fitat dapat menghambat penyerapan zat besi dan protein yang ada dalam makanan.

  • Bagikan