Tingkatkan Literasi, Mobil Perpustakaan Keliling Baru Siap Layani Masyarakat

  • Bagikan

Wahida lebih jauh menguraikan, selain menyediakan buku, MPK tersebut juga memiliki perlengkapan multimedia serta akses internet.

"Salah satunya untuk mengakses ePerpus, aplikasi perpustakaan online digital," terang Wahida didampingi Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pelestarian Bahan erpustakaan, Hasanuddin, Kasi Layanan Otomasi, Kerja Sama dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Umar, dan Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga dan Perpustakaan, Saribulan.

Di bagian lain, Wahida mengutarakan, di tengah perkembangan teknologi, keberadaan buku masih dibutuhkan masyarakat. Mantan Kabag Kesra Sidrap itu menyebut, ada beberapa faktor melatarbelakanginya.

"Banyak buku fisik belum ada dalam bentuk buku digital atau e-book, sementara e-book itu sendiri kadang berbayar. Setelah membaca beberapa halaman, aplikasi minta pembayaran," terang Wahida.

Membaca buku fisik, lanjutnya, lebih ramah bagi mata dan memiliki sensasi tersendiri saat membacanya. Tidak kalah penting, dengan membaca buku fisik, membuat pembaca lebih fokus dan berkonsentrasi.

"Saat membaca menggunakan hp, terkadang terganggu notifikasi atau godaan membuka aplikasi lain. Beda dengan membaca langsung buku, akan lebih berkonsentrasi dan mencerna apa yang dibaca," kuncinya.

  • Bagikan