Unik, Siswa SD di Makassar Olah Sawah di Sekolah

Rabu, 6 Oktober 2021 10:27

Perkebunan di SDI Unggulan BTN Pemda Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Salah satu sekolah di Makassar bakal mengembangkan sawah yang ada di dalam lingkungan sekolahnya.

Hal ini kemudian yang akan membuat para siswa belajar lebih dalam soal tumbuh-tumbuhan lewat aktivitas pertanian yang disiapkan sekolah.

SDI Unggulan BTN Pemda, inilah sekolah yang mencoba mengembangkan minat dan bakat siswa melalui pembelajaran outing class (luar kelas).

Kepala UPT SPF SDI Unggulan BTN Pemda, A Agusniati mengatakan, kegiatan seperti merupakan salah satu hal yang paling penting demi perkembangan siswa.

“Kalau ada pelajaran berkaitan dengan itu, kita harus keluar di sawah, cukup disini anak-anak belajar karena sudah ada bibit yang kami siapkan,” katanya kepada Fajar.co.id, Rabu, (6/10/2021).

Hanya saja, persawahan yang ada disana belum rampung 100 persen. Namun, ia berkomitmen untuk segera merampungkannya.

Melalui kegiatan kontekstual seperti ini kata dia, para siswa dapat mengetahui bagaimana petani mengelola padi menjadi beras misalnya. Termasuk dengan penanaman biji lombok dan sebagainya.

Ia pun berharap Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar dapat memberikan dukungannya dalam programnya tersebut.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Ferdi menyebutkan, pihaknya tentu saja akan memberikan dukungannya.

“Kami berharap bukan cuman sekolah ini kami alokasikan bantuan. Sekolah yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan pastinya kita berikan,” ujarnya.

Aktivitas perkebunan, kata dia akan dibantu misalnya penyediaan cabe, kompos, dan yang dibutuhkan untuk berkebun.

Hal ini kata Ferdi sangat penting untuk bagaimana anak-anak sekolah secara pelan-pelan bisa mengerti. Karena siswa bisa mempraktikkannya secara langsung.

“Target kami, kami akan membina kurang lebih 20 sekolah, itu harus dimuat dalam dokumen perencanaan tahun 2022,” imbuhnya.

Komentar

VIDEO TERKINI