Vaksinasi Sasar Sekolah dan Pasar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SENGKANG– Target vaksinasi 70 persen di akhir Desember, terus digenjot Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Wajo. Secepatnya menyasar sekolah dan pasar.

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan, berdasarkan hasil rapat koordinasi bersama forkompinda. Disepekati vaksinasi sudah harus mencapai 70 persen sebelum akhir Desember.

“Target kita minimal 70 persen tambah 1 per 31 Desember,” ujar Amran Mahmud, Selasa, 30 November.Dia menambahkan, langkah yang akan ditempuh untuk memenuhi target vaksinasi dengan menyasar sekolah dan pasar. Pendataan bagi pelajar tingkat SD dan SMP sederajat memenuhi syarat target vaksinasi sementara berjalan.

Sedangkan untuk tingkat SMA sederajat akan dikoordinasikan dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Wajo-Soppeng, untuk pendataan. “Untuk pasar dan pusat perbelanjaan, kita akan minta penjual untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi, begitu juga pengunjung. Demikian juga sektor-sektor lainnya kita akan minta seperti itu,” tegas Amran.

Langkah ini berdasarkan regulasi dan petunjuk dari pemerintah pusat. Terlebih, berdasarkan data terakhir capaian vaksinasi Wajo untuk dosis pertama sebanyak 41,8 persen. Kini berada urutan ke 15 dari 24 kabupaten/kota sesuai data KCPEN.

“Ini juga sebagai upaya kita untuk mencapai kekebalan menyeluruh untuk masyarakat Wajo agar bisa berdampingan dengan Covid-19,” tuturnya.

Camat Tempe, Supardi mengaku, sudah melaksanakan langkah tersebut jauh hari. Ia dan Kapolsek Tempe, AKP Abd Rahman sudah turun langsung mengajak siswa dan siswi SMA sederajat di wilayah Tempe.

“Sekolah yang telah datangi. SMA 7 Wajo, SMA 1 Wajo dan terbaru di SMA 3 Wajo,” terang Supardi.Dalam kedatangan ke sekolah. Mantan Kabid Humas Diskominfotik Wajo berdialog dengan para pelajar untuk mengetahui penyebab atau alasan masih adanya pelajar belum melaksanakan vaksin.

  • Bagikan