Wapres KH Ma’ruf Amin Apresiasi Produk UMKM Cokelat Chalodo Asal Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma'ruf Amin memberikan apresiasi terhadap produk UMKM yang dipamerkan saat kunjungan kerja di Kantor Gubernur Sulsel, Senin, (31/1/2022).

Salah satu yang dipamerkan di Kantor Gubernur dalam menyambut kedatangan orang nomor dua tersebut adalah cokelat Chalodo asal Kabupaten Luwu Utara.

"Saya melihat potret UMKM di Provinsi Sulsel ini sangat menggembirakan," puji Ma'ruf Amin.

Dia menyebut, Sulsel dikenal sebagai salah satu sentra andalan berbagai komoditas pertanian dan perkebunan, seperti kakao, kopi, lada, padi, dan jagung.

“Ini tercermin dari jumlah unit usaha UMKM Provinsi Sulsel (yakni) lebih dari 570 ribu unit pada sektor ekonomi pertanian, lebih dari 450 ribu unit pada sektor perdagangan, (dan) lebih dari 290 ribu unit pada sektor jasa," paparnya.

Untuk itu, dia pun mengapresiasi berbagai upaya pemerintah daerah di wilayah Sulsel dalam memajukan UMKM.

"Di antaranya memberikan fasilitasi peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk UMKM, sertifikasi produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan pendaftaran produk UMKM, serta melaksanakan pelatihan vokasi untuk pengembangan SDM UMKM," sebutnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan Abdul Malik mengungkapkan, Pemprov Sulawesi Selatan terus berupaya dalam program pemberdayaan UMKM.

"Bapak Plt. Gubernur selalu berupaya dalam peningkatan dan pengembangan UMKM di antaranya peningkatan kualitas produk melalui konsultasi kemasan produk bagi UMKM, fasilitasi sertifikasi produk, pendidikan dan pelatihan untuk peningkatan SDM bagi UMKM,” tuturnya.

  • Bagikan