Toraja Utara Tuan Rumah Rakornas Kementan RI, Dihadiri Jokowi

  • Bagikan
Ilustrasi -- Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo saat memastikan kesiapan rakornas Kementerian Pertanian di Toraja Utara, Sabtu, 5 Februari 2022. (FOTO: RACHMAT ARIADI/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, TORAJA UTARA -- Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo, bertandang ke Toraja Utara, Sabtu, 5 Februari 2022. Itu dilakukan untuk memastikan kesiapan rapat koordinasi Nasional Kementerian Pertanian.

Rencananya, rakornas Kementan itu akan digelar 8 Februari 2022, yang akan dibuka secara langsung Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo dan dihadiri seluruh Gubernur dan Bupati se Indonesia.

Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pertimbangan Toraja menjadi tuan rumah rakornas, dikarenakan memiliki tempat representatif dengan kultur budaya yang masih sangat kental.

"Toraja ini dikenal dengan objek wisata internasional, jadi bapak Presiden RI, Joko Widodo menginstruksikan rakornas Kementerian Pertanian diadakan di Toraja," kata menteri yang akrab disapa SYL ini.

Menurutnya, Toraja merupakan aset nasional dan dunia. Kekayaan budaya, alam yang masih terjaga membuat Toraja menjadi daerah yang istimewa.

"Pemandangan yang eksotik, udara yang segar, budaya yang masih terjaga membuat kita fresh saat memikirkan kehidupan bangsa disini," bebernya.

SYL juga mengungkapkan, dalam even itu pihaknya akan merumuskan konsep pertanian bermakna ekonomi dan agrowisata. Menurutnya, konsep itu sangat baik untuk membangkitkan kembali perekonomian Indonesia.

"Kita akan memunculkan konsep bahwa pertanian itu bermakna ekonomi, lapangan kerja, dan kesehatan. Karena tentu kalau pertanian baik, nutrisi dan ketersediaan pangan kita akan baik juga. Itu akan kita rumuskan bersama Presiden," ungkapnya.

  • Bagikan