Dorong Literasi, Taman Baca Hadir Di Mandai

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Taman baca dan perpustakaan digital di depan Kantor Camat Mandai diresmikan Rabu, 9 Februari.

Di mana peresmiannya dilakukan langsung Bupati Maros, AS Chaidir Syam didampingi Bunda Baca Kabupaten Maros, Ulfiah Nur Yusuf Chaidir.

Taman Baca ini merupakan inisiasi dari Komite Nasional Pemuda Indonesi (KNPI) Maros dalam mendorong budaya literasi di Kabupaten Maros.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan dirinya kembali menghidupkan kembali gerakan literasi bagi masyarakat. Utamanya bagi para siswa-siswi dan pemuda-pemudi.

Diakuinya gerakan ini juga membutuhkan suntikan gairah membaca, karena Kabupaten Maros kembali menjadi percontohan sebagai Kabupaten Literasi.

"Maros juga punya Peraturan Daerah (Perda) literasi yang menjadi penggerak minas baca masyarakat," katanya.

Dia mengatakan kalau Pemda Maros saat ini konsen terhadap perwujudan literasi yang produktif yang hingga kini mencapai 51 persen generasi muda minat baca.

"Kita berharap melalui program ini seluruh elemen saling support dan dukung ruang baca yang ada ditiap kecamatan, kelurahan dan desa. Semoga gerakan ini bukan sekadar simbolis tapi kedepan terus ditingkatkan lagi," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Maros Herwan mengatakan mencintai buku-buku sangat penting dan menjadi satu keharusan bagi generasi pelanjut dimasa-masa yang datang guna membangun negeri ini.

Tak hanya membaca buku, Para pengunjung juga dapat menikmati stand UMKM yang ada disekitar taman baca.(rin)

  • Bagikan