Ternyata Tak Pernah Kuliah di Oxford, Ini Penjelasan Wirda Mansur, Putri Sulung Ustaz Yusuf Mansur

  • Bagikan
Wirda Mansur

FAJAR.CO.ID -- Wirda Mansur, putri sulung ustaz Yusuf Mansur, terus jadi sorotan perkara pendidikan. Dia dituduh berbohong jadi lulusan Universitas Oxford.

Nama Wirda sempat jadi trending gara-gara pendidikan. Dalam video yang dia buat di media sosial, Wirda menceritakan cara beda Ustaz Yusuf Mansur mendidiknya.

“Sebenarnya kalau misalkan masalah kuliah, ini emang lucu. Cara bokap gue ngedidik gue ini emang luar biasa ya. Agak berbeda dari yang lain, dari dulu kerjaan gue. Gue sekolah sampai kelas 5 SD karena gue fokus mau hapalin Alquran kan, masuk pesantren,” cerita Wirda.

“Itu juga nyantren nggak di satu tempat, pindah-pindah. Di Cimahi, di Cianjur, di Yogya, terus di Cisarua, nyantren pindah-pindah. Gue sempat tanya sama Bokap, ‘Kenapa harus seperti ini?'” tuturnya.

Wirda Mansur menuturkan memang cara sang ayah mendidik dengan cara menempatkannya di banyak tempat beda. Itu berguna untuk memperbanyak Wirda pengalaman dan tahu banyak cara metode menghapal Alquran.

Di 2014, Wirda mengaku sekolah non formal di Jordan. Di sana dia memperdalam bahasa Arab, Alquran, dan hadis. Setengah tahun di Jordan dan kembali ke Indonesia, Wirda mengejar paket untuk lulus SMP. 2015 dia diminta mengajar ngaji di Amerika Serikat. Sampai akhirnya pada 2017 Wirda memilih mengambil program International Baccalaureate (IB) di Oxford.

“Sampai sini ini tricky, IB bukan kuliah, setara sama SMA. Programnya juga nggak sampai selesai. Itu hal biasa, tricky-nya gimana, ‘Kenapa Linkedin lo University of Oxford?'” tutur Wirda.

  • Bagikan