Putra-putri Kaltara Bisa Kuliah Gratis di Universitas Patria Artha, Segini Kuotanya

  • Bagikan
Bastian Lubis.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Patria Artha (UPA) menyiapkan beasiswa berupa kuliah gratis bagi putra-putri asal Kalimantan Utara (Kaltara). Kuota beasiswa disiapkan bagi 550 orang calon mahasiswa untuk tahun ajaran 2022/2023.

Rektor UPA, Bastian Lubis mengatakan, beasiswa tersebut merupakan bagian dari komitmen pengabdian masyarakat. Selain itu, kata Bastian, melalui pemberian beasiswa pihaknya ingin menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

"Nanti mereka kalau lulus bisa kembali untuk membangun daerahnya. Jadi kami ingin pembangunan dimulai dari desa ke kota," ujar Bastian dalam acara halal bi halal yang digelar di Kampus UPA, Jalan Tun Abdul Razak, Gowa, Kamis (12/5/22).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Bidang Akademik UPA, Suhendra menjelaskan, calon penerima beasiswa akan diseleksi oleh Pemerintah Provinsi Kaltara melalui perwakilan lima Kabupaten/Kota, yakni Malinau, Bulungan, Tanah Tidung, Nunukan dan Tarakan.

Nantinya lima Kabupaten/Kota tersebut akan mengirimkan nama-nama calon penerima beasiswa.

"Setelah lolos seleksi, masing-masing daerah itu mengirimkan nama-nama calon penerima beasiswa ke UPA," jelasnya.

Suhendra menyebut, kriteria penerima beasiswa antara lain, mereka merupakan putra putri asli Kaltara, mereka juga harus membuat komitmen mengabdi untuk daerahnya.

Jika kriteria itu terpenuhi, maka penerima beasiswa nantinya bebas memilih program studi di UPA. Diketahui, UPA memiliki 8 program studi yakni Akuntansi, Managemen, Teknik Informatika, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Keperawatan, Kebidanan, dan Kesehatan Masyarakat.

  • Bagikan