Patut Dicontoh, KASN Minta Kabupaten/Kota Ikuti Sistem Merit Provinsi Sulsel

  • Bagikan
Andi Sudirman Sulaiman.

Sehingga KASN untuk mewujudkan ini memerlukan dukungan dari pemerintah daerah. “Alhamdulillah, Bapak Gubernur punya pemikiran yang nyambung dengan tugas kami. Beberapa poin yang disampaikan punya sikap, niat, keinginan dan visi bagaimana kita dapat membangun ASN yang handal, melayani, bermoral dan bertintegritas,” tambahnya.

Sementara, Prof. Agustinus Fatem menjabarkan, secara keseluruhan meritokrasi di Provinsi Sulsel sudah berada pada jalurnya. Di dalam proses pengisian jabatan pimpinan tinggi, semua instansi pemerintah di Provinsi Sulsel itu sudah patuh dalam melaksanakan proses pengisian jabatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Hanya saja, katanya, baru pada pengisian seleksi terbuka, sedangkan pada manajemen talenta (talent pool) belum berjalan secara penuh. Baru provinsi Sulsel, dan beberapa kabupaten kota yang sudah dalam kategori baik.

“Beberapa kabupaten/kota kategori baik, tetapi itu pun pengisian jabatannya belum pada manajemen talenta. Untuk itu kami mendorong kabupaten/kota mengikuti provinsi,” harapnya.

Menyambut hal ini, Bupati Maros, Chaidir Syam menyambut baik hadirnya penerapan merit sistem dan untuk tahun ini telah ada peraturan bupati terkait pola kinerja dan manajemen talenta.

“Memang tahun lalu kita masih mempelajari pola merit sistem ini dan tahun ini Alhamdulillah kita sudah menerapkan dan sudah membuat Perbup untuk pola kinerja dan pola manajemen talenta. Semoga itu bisa terlaksana. Hadirnya KASN, kami mendapatkan masukan ke depan, seperti apa melaksanakan pola sistem merit yang baik,” sebutnya. (ikbal/fajar)

  • Bagikan