Dua Guru Besar Unhas Asal Selayar dan Bulukumba Dikukuhkan, Intip Bidang Keilmuannya

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Rapat Paripurna Senat Akademik terbatas dalam rangka upacara Penerimaan Jabatan Guru Besar dari Fakultas Teknik (FT).

Rapat dimulai pukul 09.00 Wita secara luring terbatas di Ruang Senat Akademik Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (09/06/2022).

Guru besar yang dikukuhkan yakni:

  1. Prof. Andi Erwin Eka Putra sebagai guru besar ke-446 dalam Bidang Ilmu Rekayasa Termal, lahir di Bulukumba pada 21 Desember 1971.
  2. Prof. Daeng Paroka yang dikukuhkan sebagai guru besar ke-447 pada Bidang Ilmu Stabilitas Kapal, lahir di Selayar 18 Januari 1972.

Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada kedua profesor.

Penambahan guru besar merupakan kebanggaan karena menunjukkan peningkatan kapasitas pengajar yang semakin terlihat dan kuat guna menjamin kualitas pembelajaran.

Lebih lanjut, Prof. JJ menambahkan Guru Besar merupakan jabatan tertinggi dalam bidang akademik, dimana Unhas cukup terdepan dalam menghasilkan Guru Besar.

Hal ini didukung oleh pengelolaan sumber daya manusia yang baik. Sejak berstatus PTN-BH, Unhas mengangkat Sekretaris Universitas yang salah satu tugasnya adalah manajemen pengelolaan SDM.

"Kita akan memberikan kebijakan penugasan setiap profesor dengan bantuan dana untuk melakukan penelitian. Kita harus melihat peluang dan memberikan solusi setiap permasalahan masyarakat Indonesia. Unhas harus terlibat membantu pembangunan berkelanjutan dengan sumber daya berkualitas," jelas Prof. JJ.

Sebelumnya, telah dilakukan pidato pengukuhan hasil penelitian yang dilakukan oleh dua guru besar.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Erwin Eka memberikan pidato mengenai "Pemanfaatan Teknologi Termal dalam Pengelolaan Limbah sebagai Sumber Energi dan Material Fungsional".

  • Bagikan