Kantor Imigrasi Makassar Lakukan Ujicoba Pelayanan Penggantian Paspor di MPP

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Sekitar 20 warga Maros ikut berpartisipasi dalam penggantian paspor yang sudah habis masa berlakunya di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Maros, Kamis, 16 Januari 2022.

Pelayanan yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Makassar ini merupakan proses ujicoba pelayanan penggantian paspor.

Analis Keimigrasian Muda Kantor Imigrasi Makassar, Kuntomo Agung Pribadi mengatakan uji coba ini dilakukan menjelang peresmian MPP Maros pada 7 Juli Mendatang.

"Kami melakukan uji coba penggantian paspor karena kedepan kami akan berkontribuai dalam MPP ini. Berbeda dengan layanan di kantor pusat Imigrasi di Makassar yang pendaftaran pelayanan paspor melalui sistem online maka kami di MPP Maros ini memiliki layanan inovasi yaitu Kaisar Simantap," jelasnya.

Agung mengatakan kalau Kaisar Simantap ini merupakan layanan inovasi melayani tanpa antrian paspor dengan sistem jemput bola ke masyarakat.

Lebih labjut kata dia, dengan layanan ini diharapkan masyarakat dapat dimudahkan dalam pengurusan paspor.

"Khusus masyarakat Maros lebih dekat dalam pengurusan paspor, tidak perlu jauh-jauh ke Makassar," sebutnya.

Ujicoba ini, kata dia, hanya akan berlangsung satu hari dan akan beroperasi secara resmi tanggal 7 Juli mendatang saat peresmian MPP oleh Kemenpan RB.

"Setelah beroperasi nanti mungkin kuota per hari pengurusan paspor sekitar 50 paspor untuk penggantian dan pembuatan baru. Satu lagi layanan yang akan ada di MPP Maros yakni layanan info keimigrasian," jelasnya.

Tidak hanya masyarakat Maros yang bisa memanfaatkan layanan keimigrasian di MPP Maros, kata dia, tapi juga masyarakat luar Kabupaten Maros.

  • Bagikan