Dinas PUTR Sulsel Target Lelang Fisik SPAM Mamminasata Tahun Ini

  • Bagikan
Lelang Fisik SPAM Mamminasata akan terbangun, dan di rencanakan tahun 2022 ini.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pengerjaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Mamminasata akhirnya akan terbangun, dan di rencanakan tahun 2022 ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sulawesi Selatan Astina Abbas menyebutkan, pengerjaan jaringan distribusi utama yang menjadi bagian dari Pemerintah Provinsi ditargetkan lelang di tahun ini.

Pengerjaan diharapkan dapat bersamaan dengan Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sulsel.

“Tahun ini, kami juga menargetkan lelang untuk fisik karena perencanaan ini dilakukan oleh pusat, dan ini pembagian pengerjaan 70:30 dimana bagian Pemprov, 30 persen,” kata Astina Abbas, Senin, 27 Juni 2022.

Menurutnya untuk pengerjaan fisiknya ini, direncanakan bisa bersamaan dengan yang dikerjakan oleh Balai, atau bisa lebih dulu APBN "Kami harap bisa bersamaan, karena ini dibangun secara multiyears," paparnya

Astina menjelaskan nantinya Pemprov akan membangun jaringan distribusi utama, kemudian nanti untuk Pemerintah Kabupaten dan Kota akan membangun penampungan yang nanti akan disalurkan ke rumah tangga.

Lebih jauh, Astina menambahkan, sedang menunggu secara resmi penyerahan hibah DED nya dari pusat. " Kami menunggu dari pusat penyerahannya, DED dan RAB nya, berapa persen sharingnya nanti," terang Astina.

Ia menjelaskan, untuk anggaran ini sudah ada namun semua masih menunggu penyerahan secara resmi, karena untuk lelang hitungan anggarannya sudah ada.

SPAM Mamminasata sendiri, sebelumnya adalah salah satu Proyek Strategis Nasional, (PSN) yang akhirnya dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat.

  • Bagikan