Selain Permudah Penerbitan Izin, Pemkab Sinjai Juga Bina dan Dampingi Pelaku Usaha agar Bangkit Pasca Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam membangkitkan pelaku usaha pasca pandemi Covid-19. Selain penerbitan izin usaha dipermudah, kegiatan pembinaan dan pendampingan juga turut dilakukan.

Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja, Andi Ilham Abubakar mengatakan, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang mendapat pukulan telak karena masa pandemi Covid-19. Tidak sedikit usaha yang harus gulung tikar akibat lesunya perekonomian.

Sehingga, pada masa pemulihan Covid-19 saat ini, pelaku usaha harus bangkit membenahi kegiatan usaha yang digeluti. Terutama melahirkan ide-ide inovatif dengan merancang skema agar bisa beradaptasi dengan kondisi sekarang

Selain itu, seiring perubahan perilaku masyarakat, maka strategi pemasaran digital perlu dikembangkan melalui platform online. "Digitalisasi akan memudahkan pelaku usaha dalam memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pasar, dan meningkatkan penjualan," urai Andi Ilham yang juga Asisten Perekonomian Setdakab Sinjai itu, Senin (1/8/2022).

Oleh karena itu, Pemkab Sinjai melalui dinas yang ia pimpin melakukan berbagai terobosan untuk mendukung pemulihan ekonomi. Terutama melakukan pembinaan dan pendampingan kepada pelaku usaha.

Seperti, melakukan pelatihan bagi wirausaha pemula, melaksanakan pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja bidang Tata Rias. Lalu, bekerjasama dengan Asosiasi UMKM Kab. sinjai menggelar ekspo UMKM.

  • Bagikan