Departemen Sastra Jepang Unhas Tingkatkan Kinerja Dosen Lewat Sertifikasi kompetensi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Demi Mengimplementasikan kegiatan Indikator Kinerja Utama (IKU) 7, membuat Departemen Sastra Jepang Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan Lokakarya sertifikasi kompetensi dan profesi dosen.

Kegiatan tersebut juga salah satu cara meningkatkan kinerja Universitas serta Sumber daya Manusia (SDM) Sastra Jepang di Unhas. Dilaksanakan di Ruang Vip Legend Claro hotel, Sabtu-Minggu,6-7 Agustus.

Ketua Departemen Sastra Jepang Unhas, Meta Sekar Puji Astuti, Ph.D mengatakan tujuan utama dari kegiatan ini diantranya, mendalami pengetahuan akan kompetensi dan profesionalisme dosen dalam pengajaran bahasa dan budaya Jepang.

"Jadi di Unhas cara meningkatkan kinerja di tingkat prodi, dilakukan berbagai kegiatan yang mendukung IKU. Diantaranya pelatihan aau uji kompetensi. Sehingga para dosen kedepannya, menjadi lebih baik. Ini juga yang juga dilakukan universitas lainnya," ucapnya.

Namun Meta Sekar juga mengatakan dilakukan ini tergantung pada indikatornya yang dinilai pada kemendikbud. Jika setiap tahun, indikator penilaian kinerjanya naik maka diberikan dana hibah untuk membuat Lokakarya sertifikasi kompetensi.

"Jadi selama dua hari di Departemen Sastra Jepang Unhas kami mengikutkan sekitar 12 orang dosen," ucapnya.

Kata Meta Sekar, setelah kegiatan Lokakarya sertifikasi kompetensi akan ada evaluasi buat para dosen dalam mengajarnya. Apalagi sudah dilatih juga oleh beberapa tenaga ahli.

"Diharap ada kesadaran untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Jepang. Juga melihat trend apa yang naik dan bisa jadi bahan ajar. Ini berpengaruh agar kualitas lulusan meningkat," ucapnya.

  • Bagikan