Mahasiswa Kalla Institute Kembangkan Aplikasi dan Perangkat Prototipe IoT Smart Garden

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Project final pada kelas Internet of Things Prodi Sistem Informasi Kalla Institute mengharuskan mahasiswa untuk membuat sebuah inovasi.

Kelas Internet of Things merupakan salah satu mata kuliah pilihan bagi mahasiswa prodi Sistem Informasi semeseter 6.

Mata kuliah IoT menjadi pilihan bagi berbagai jurusan IT di beberapa kampus dikarenakan IoT kini menjadi teknologi yang banyak dibutuhakan terutama pada dunia Industri.

Secara Umum IoT merupakan sebuah konsep di mana suatu benda atau objek ditanamkan teknologi-teknologi seperti sensor dan software dengan tujuan untuk berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui perangkat lain selama masih terhubung ke internet.

IoT memiliki hubungan yang erat dengan istilah machine-to-machine atau M2M. Seluruh alat yang memiliki kemampuan komunikasi M2M ini sering disebut dengan perangkat cerdas atau smart devices. Perangkat cerdas itu diharapkan dapat membantu kerja manusia dalam menyelesaikan berbagai urusan.

Ketua project yang juga mahasiswa prodi sistem informasi Arman mengatakan bahwa kegiatan itu sangat menantang sekaligus menyenangkan.

“Pada project final kali ini menurut kami sangat menantang karena mengharuskan kami untuk menganalisis kebutuhan sensor dalam perawatan tanaman sekaligus pembuatan prototypenya selama 1 minggu. Setelah itu kami harus mempresentasikan serta mendemonstrasikannya,” jelas Arman.

Pada kelas IoT itu mahasiswa dibekali pemahaman tentang dasar-dasar IoT dimulai dari kebutuhan pada setiap layer-layer IoT. Seperti kebutuhan hardware mikrokontroler, sensor atau aktuator, layer koneksi atau gatewey, hingga kebutuhan layer Aplikasi untuk menampilkan hasil pembacaan sensor.

  • Bagikan