Sambut HUT Sulsel Ke-353, Pemkab Maros Rapat Persiapan Kirab Pelajar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-353 Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melakukan rapat persiapan kirab pelajar andalan di Ruang Rapat Bupati, Selasa (11/10/2022). Nantinya, iring-iringan kirab pelajar akan disambut oleh pasukan kuda dan ganrang pamanca.

Kirab pelajar merupakan rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-353 Sulawesi Selatan tahun 2022. Peringatan tahun ini mengambil tema "Bersama Kita Bangkit Untuk Sulawesi Selatan", dan motto "Bersatu Merajut Persaudaraan Pelajar Andalan untuk Sulawesi Selatan Maju".

Ketua Panitia Kabupaten, Takbir yang juga Kepala UPT SMAN 1 Maros menjelaskan, Kirab Pelajar tersebut telah berlangsung sejak 3 Oktober lalu. Ini berlandaskan filosofi 8 (delapan) suku yang ada di Sulsel, di antaranya suku Bugis, Makassar, Toraja, Luwu, Mandar dan Konjo. Beberapa dari suku-suku tersebut menyebar ke 4 (empat) penjuru mata angin, yaitu timur, barat, utara dan selatan.

"Antara lain Rute Andalan 1 (Timur) yang meliputi Bone - Soppeng - Maros - Makassar. Selanjutnya, Rute Andalan 2 (Utara) yang meliputi Luwu Timur - Luwu Utara - Palopo - Soppeng - Wajo - Sidrap - Parepare - Barru - Pangkep - Maros - Makassar," ungkapnya.

Ia menambahkan, Rute Andalan 3 (Barat) yang meliputi Torut - Toraja - Enrekang - Pinrang/Sidrap - Parepare - Barru - Pangkep - Maros - Makassar. Serta Rute Andalan 4 (Selatan) yang meliputi Sinjai - Selayar - Bulukumba - Jeneponto - Bantaeng - Takalar - Gowa - Makassar.

"Khusus untuk di Maros kita akan menerima rombongan kirab dari Pangkep dan Bone pada 14 Oktober kedepan. Rombongan Pangkep akan diterima di Kalibone dan rombongan Bone akan diterima di Bance'e," jelasnya.

  • Bagikan