UNM dan Kemenpora Dorong Mahasiswa Berwirausaha, Prof Husain Syam: Kita Berkontribusi Jadikan Indonesia Kuat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR - Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI memotivasi ratusan mahasiswa dalam Kuliah Umum Kewirausahaan Pemuda, di Ballroom Teater Menara Pinisi Univeristas Negeri Makassar, Kamis (20/10/2022).

Dalam kegiatan ‘Sinergitas Kampus Enterpreneur Menuju Indonesia Kuat’ itu, Rektor UNM Prof Husain Syam dalam sambutannya menyampaikan kuliah kewirausahaan adalah mata kuliah wajib di semua jenjang di UNM, mulai dari Sarjana hingga Doktor.

Hal ini kata Prof Husain Syam sebagai upaya dalam rangka peningkatan kualitas mahasiswa.

"Karena itu UNM mengambil peluang dalam rangka memberi wawasan dan pengetahuan dengan mewajibkan mata kuliah kewirausahaan kepada seluruh mahasiswa saat ini," ujarnya.

Kata Husain, Kemenpora punya program strategis yang sejalan dengan visi UNM untuk bekerjasama dan melakukan kolaborasi, bahkan sejak tahun 2019 UNM sudah memproklamirkan jika ada anak muda lulusan SMA yang ingin mengembangkan talenta kewirausahaan maka UNM dengan terbuka menerima.

"Tentu tidak cukup dengan hanya berkuliah, tapi perlu penguatan dari pelaku bisnis yang sudah memahami karakter kewirausahaan. Makanya kita ingin melahirkan mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan dan enterpreneurship, karakter kewirausahaan itu bersikap jujur, inovatif dan kreatif," terang Prof Husain Syam.

Guru besar di bidang pertanian ini menjelaskan, salah satu syarat sebuah negara dikatakan maju jika memiliki rasio penduduk 4 persen jiwa entrepreneur atau wirausaha. Hari ini Indonesia baru 3,47 persen wirausaha. Sementara di negara lain itu sudah diatas 4 persen.

  • Bagikan