Kerjasama dengan PT Pelni, BBKSDA dan Satgas Gakkum KLHK Sulsel Gagalkan Penyeludupan Satwa Dilindungi

  • Bagikan
Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulsel dan Satgas Gakkum KLHK, berhasil menggagalkan penyelundupan satwa dilindungi, di Pelabuhan Soekarno Hatta, pada Selasa (8/11/2022).

Ahmad Yani mengaku, akan mengembalikan semua satwa tersebut ke daerah asalnya.

Adapun dalam tahap identifikasi awal, usai dilakukan upaya penggagalan, kondisi satwa nampak tidak begitu baik. Hal itu disebabkan karena satwa ditempatkan di dalam sebuah kardus, bahkan ada yang dibungkus karung.

"Ada beberapa ekor yang kurang sehat terutama misalnya dari Nuri Kepala Hitam. Tapi mudah-mudahan dari tim kami yakni dokter hewan di BbKSDA Sulsel dapat menangani satwa-satwa sitaan ini," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Penegakan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sulsel, Santiago Pereira, mengatakan, dalam beberapa kasus, pelaku tidak dapat ditemukan.

Hal itu disebabkan karena dalam penindakan petugas selalu berhati-hati. Tidak ingin asal tangkap mengingat banyak modus yang diterapkan para pelaku.

"Sebenarnya banyak yang kita tindak pelakunya, bahkan ada yang dipenjara, tapi menang dalam penindakan kita tidak mau salah salah tangkap, jangan sampai kita menzalimi orang," terangnya.

Meski begitu, pihaknya tetap akan terus melakukan pressing atau pelacakan terkait dengan jaringan-jaringan peredaran tumbuhan satwa liar, terutama yang dilindungi. "Karena satwa liar ini sebetulnya bisa beredar, tapi harus dengan perturan-peraturan yang berlaku," pungkasnya.

(Muhsin/fajar)

  • Bagikan