Dosen FIKOM UMI Perkenalkan xSIA di Takalar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tim Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UMI kembali masuk desa untuk mendampingi Guru SDN 133 Pari'risi Takalar mengenal aplikasi berbasis online.

Apliasi xSIA ini dihadirkan, agar dapat pmeringankan tugas Guru mengelola pelaporan nilai siswa.

Koordinator Tim PKM, Poetri Belluano menjelaskan kegiatan pelatihan ini, setiap tahun dilakukan, dimana ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang ditugaskan oleh LpKM UMI.

"Kegiatan PKM ini setiap tahun kami laksanakan secara kontinyu. Guru-guru di pelosok tetap harus produktif fasih menggunakan aplikasi komputer. Setidaknya para guru di SDN 133 ini harus melek teknologi," kata Poetri Belluano.

Ia menambahkan, untuk makan minum saja sudah menggunakan aplikasi, apalagi untuk kerja sehari-hari menuntut serba aplikasi. " Kami membawa xSIA masuk desa dengan antarmuka sederhana sekira dapat dimanfaatkan," paparnya.

Poetri mengapresiasi, pelatihannya kali ini mereka diterima dengan baik oleh SDN 133, dan pada tahun 2023 nanti, rencananya akan ditampilkan dengan aplikasi multimedia.

Sementara itu, Kepala Sekolah Rubama, mengapresiasi kegiatan ini yang bermanfat untuk para guru-guru, karena menggunakan aplikasi online seperti itu, "Ini sangat bagus, sederhana mudah digunakan dan tidak sering loading karena kondisi internet yang sulit diakses," paparnya (Elva/Fajar)

  • Bagikan