Pj Gubernur Akmal Genjot Pemberdayaan Masyarakat Transmigrasi Sulbar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAMUJU-- Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengejar target revitalisasi kawasan transmigrasi nasional. Salah satu yang menjadi prioritas adalah Desa Transmigrasi Sarudu, UPT Tanjung Cina, Desa Bambakoro, Kecamatan Larang, Kabupaten Pasangkayu.

UPT Tanjung Cina ini dianggap sebagai salah satu kawasan transmigrasi di Sulbar dengan perkembangan yang positif.

"Salah satu percontohan Desa Transmigrasi yang berkembang dan satu- satunya di Indonesia, yaitu, tambak udang Paname di Pasangkayu," ujar Akmal Malik dalam Rapat Koordinasi dengan Kementerian Desa dan Transmigrasi di Hotel d'Maleo Mamuju, Selasa, 15 November 2022

Akmal Malik mengatakan, keberhasilan pelaksanaan kebijakan revitalisasi kawasan transmigrasi tak lepas dari kolaborasi pusat dan daerah. Salah satunya adalah sharing dana APBD antar provinsi dan kabupaten yang surplus ke daerah yang membutuhkan anggaran pembangunan sarana dan prasarana.

"Melalui strategi tersebut penyelenggaraan transmigrasi terbukti mampu mendorong terbentuknya pusat pertumbuhan baru dan pusat produksi baru,"ucapnya.

Plt. Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, PDTT RI, Rajumber Prihatin mengatakan bahwa tantangan penyelenggara transmigrasi ke depan akan semakin berat. Namun ia optimistis bisa terwujud, jika tercipta iklim kolaborasi yang baik.

"Tahun lalu kita memberangkatkan 354 keluarga, tahun ini sudah ada di 353 keluarga dari target 571 keluarga yang diberangkatkan kesatuan-kesatuan permukiman transmigrasi. Tapi perlu diketahui tahun-tahun pertama merupakan masa yang kritis untuk adaptasi dan itu menjadi tanggung jawab kita bersama," ungkap Rajumber.

  • Bagikan