Lima dari 10 Petahana Tumbang dalam Pilkades Serentak

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Lima dari 10 petahana yang kembali maju dalam perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kamis, 17 November 2022, tumbang.

Mereka tumbang setelah tak mampu memperoleh suara terbanyak dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Maros mengatakan dari 10 petahana yang maju kembali, hanya lima yang berhasil terpilih.

"Hanya lima yang berhasil terpilih kembali. Mereka Desa Cenrana Kecamatan Camba, Sudirman dan Toddopulia kecamatan Tanralili, Bonto Matinggi dan Toddolimae Kecamatan Tompobulu," katanya.

Sementara tak berhasil terpilih, hampir sebagian besar dikalahkan oleh calon pendatang baru.

"Cakades petahana yang gagal terpilih lagi diantaranya Tellumpanuae di Kecamatan Mallawa, Tanete dan Bontotallasa Kecamatan Simbang, Purnakarya Kecamatan Tanralili, Tupabiring Kecamatan Bontoa," sebutnya.

Petahana asal Tellumpanuae, Dahniar hanya berhasil mengumpulkan 116 suara.

Sementara rivalnya, A Muhayana yang berhasil terpilih mendapatkan 530 suara.

"Di desa ini ada 3 kandidat, A Muhayana mendapatkan 530 suara, Dahniar yang merupakan petahana hanya 116 suara dan A Nurjaya 38 suara," sebutnya.

Di Desa Tanete, sang Petahana, Abdul Kadir Gaffar memperoleh 843 suara.

"Namun lawannya, Takbir memperoleh 1.777 suara," ungkapnya.

Petahana asal Desa Bontotallasa, Sultan hanya 741 suara dan hanya berbeda tipis dari lawannya Hasanuddin dengan 735 suara.

"Nomor urut 3, Sultan perolehan suaranya hanya beda tipis dengan nomor urut 3, Hasanuddin. Sementara kandidat yang terpilih, nomor urut 2 Abbas berhasil memperoleh 828 suara," ucapnya.

  • Bagikan