Desa Lamoncong Dapat Bantuan Bibit Jagung Hibrida dari Kementan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BONE -- Sebagai langkah kongkret untuk wujudkan ketahan pangan. Desa Lamoncong Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone, mendapatkan bantuan bibir jagung hibrida dari kementerian pertanian (Kementan).

Sekertaris Desa (Sekdes) Lamoncong, Musriadi menuturkan wilayahnya menjadi salah satu yang terpilih sebagai lokasi untuk perwujudan ketahanan pangan di Kabupaten Bone.

"Jadi kita diberikan kepercayaan untuk membuka lahan untuk penanaman jagung yang merupakan program dari pusat," katanya saat Penyerahan Bibit yang dilakukan di Kantor Desa Lamoncong, Rabu, 7 Desember 2022.

Lebih lanjut ia mengatakan program tersebut disambut baik oleh pihaknya. Dan memang pihak pemerintah setempat juga sangat mendukung penuh program tersebut.

"Jadi dari pihak terkait di daerah utamanya TNI datang langsung mendampingi warga untuk melakukan pembukaan lahan," tuturnya.

Kata dia bentuk komitmen dari keseriusan pemerintah pusat menjalankan program tersebut telah terbukti dengan telah adanya penyerahan bantuan bibit jagung hibrida.

"Jadi kita telah menerima bibit jagung hibrida dari Kementerian Pertanian sebanyak 2.400 kg untuk enam kelompok tani di Desa Lamoncong," paparnya.

Plt Kabid Tanaman Pangan, Nuraqidah menuturkan program tersebut merupakan program kolaborasi. Makanya untuk pembukaan lahan dan lokasi ada bantuan di lahan TNI (latihan tempur) seluas 742 ha.

"Lokasinya berada di tiga Kecamatan Bontocani Desa Lamoncong. kecamatan Liburen, Desa Ponre-Ponre dan Tompobulu, dan Kecamatan Kahu, Desa Sanrego (Ujung Ale)," ucapnya.

  • Bagikan