KPU Makassar Gelar Uji Publik, Bahas Penataan Dapil

  • Bagikan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menggelar Uji Publik untuk Pemilu 2024 di Hotel Claro, Jl AP Pettarani, pada Jumat (16/12/2022).

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Akhiri Pembahasan Rancangan penataan Dapil (Daerah Pemilihan), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menggelar Uji Publik untuk Pemilu 2024.

Uji Publik tersebut digelar oleh KPU Kota Makassar di Hotel Claro, Jl AP Pettarani, pada Jumat (16/12/2022).

Dari pantauan fajar.co.id, selain pembahasan Dapil, Uji Publik itu juga membahas alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel untuk Pemilu 2024.

Sekadar diketahui, Uji Publik tersebut dihadiri sejumlah organisasi kemasyarakatan/kepemudaan (OKP) dan stakeholder terkait termasuk anggota Partai Politik.

Terlihat hadir pada Uji Publik tersebut, 5 komisioner KPU Makassar. Yakni M Faridl Wajdi, Endang Sari, M Gunawan Mashar, Abd Rahman, dan Romy Harminto.

Pada kesempatannya, Gunawan Mashar mengatakan, sebelum Uji Publik dilakukan, KPU Makassar menggelar FGD dengan mengundang berbagai pihak untuk memberi masukan terkait rancangan dapil yang diusulkan.

Dia mengatakan uji publik merupakan akhir daripada pembahasan rancangan dapil dan kursi DPRD Makassar.

Menurutnya, pada uji publik ini, masih memungkinkan adanya masukan dan perubahan terhadap rancangan dapil yang telah diusulkan.

"Uji publik ini semacam ujung tapi sangat memungkinkan untuk menambah masukan untuk penguatan opsi dapil yang akan kami finalisasi," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Gunawan, dalam penataan dapil, dilakukan prinsip yang salah satunya merupakan kohesivitas. Yakni melihat sejarah, budaya, adat istiadat, dan kelompok minoritas dalam penyusunan dapil.

  • Bagikan