Cuaca Ekstrem Ancam Pesisir Barat Sulsel, Ini Peringatan BMKG

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi pada 23 hingga 25 Desember. Cuaca ekstrem tersebut akan melanda sebagian besar wilayah Sulsel.

Data yang dilansir dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah IV Makassar ada peningkatan kelembaban udara di atmosfer. Kondisi atmosfter dalam kondisi basa 70 hingga 100 persen.

Selain itu juga terpantau terjadi perlambatan arus angin (konfluensi) di Selat Makassar bagian Selatan. Hal tersebut menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan yang bergerak ke arah Sulsel. Sehingga diprediksi akan terjadi banjir Rob di Pesisir barat Sulsel karena bertepatan dengan fase pasang maksimal.

Plh BBMKG Wilayah IV Makassar, Kamal A mengatakan wilayah Sulsel bagian barat pada tanggal 23 hingga 25 Desember akan hujan sedang hingga lebat. Wilayah tersebut meliputi Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Takalar.

Untuk wilayah Sulsel bagian Tengah meliputi Soppeng dan Gowa berpotensi angin kencang. Hal serupa juga berpotensi terjadi pada Sulsel bagian pesisir Barat seperti Jeneponto dan Selayar.

"Masyarakat dihibau agar mewaspadai gelombang tinggi di pesisir Sulsel. Nelayan diminta jangan terlalu keluar melaut," kata Kamal, Rabu, 21 Desember.

Lebih lanjut Kamal menuturkan gelombang laut di perairan Sulsel berada pada ketegori sedang hingga tinggi. Selain itu juga ada peringataan dini untuk Pinrang, Parepare, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Selayar.

  • Bagikan