Jelang Natal 2022, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Level Awas Cuaca Ekstrem di Sulsel

  • Bagikan
BMKG dan kondisi cuaca yang dialami dalam 2 hari terakhir

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Menjelang hari raya natal 2022, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini naik ke level awas cuaca ekstrem untuk beberapa wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel)

Disebutkan, akan terjadi intensitas hujan sedang hingga lebat mulai 23-25 Desember 2022.

“Diharapkan para pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi terjadinya bencana hidrometeorologi," kata Pelaksana harian Kepala Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar, Kamal, dikutip Fajar.co.id dari keterangan resmi, Jumat (23/12/2022).

Ada sembilan daerah kabupaten/kota telah dikeluarkan peringatan dini level awas terkait cuaca ekstrem mulai 21-31 Desember. Meliputi beberapa daerah seperti Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, Barru, Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Bone, dan Soppeng.

“Masyarakat juga diimbau agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan. Gelombang dengan kategori Sedang 1,25-2,5 meter dan kategori tinggi 2,5-4,0 meter," katanya.

Dampak tersebut antara lain banjir genangan, banjir bandang, banjir rob, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan keterlambatan jadwal penerbangan pelayaran.

"Untuk itu masyarakat diharapkan selalu mengikuti informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik," pungkas Kamal.

(Arya/Fajar)

  • Bagikan