Sasar Warga Tamangapa, Tim Farmasi UMI Lakukan PKM TataLaksana Batuk dan Hidung Tersumbat di Apotek Hijrah Farma

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR--Dosen Farmasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mandiri.

Kali ini mengangkat tema "Tatalaksana batuk dan hidung tersumbat akibat Common Cold". Kegiatan yang bermitra dengan Apotek Hijrah Farma II, berlokasi di JL. Tamangapa Raya III Makassar.

Tim dalam kegiatan tersebut diketuai oleh Andi Trihadi Kusuma K., S.Farm., M.Si. dengan dibantu dua orang anggota yaitu apt. Selpida Handayani, S.Farm., M.Si bersama apt. Wisdawati .

Andi Trihadi Kusuma, menjelaskan jika dalam pengabdian mandiri yang dilakukan rutin setiap tahunnya ini, sengaja mengangkat tema yang sesuai dengan kondisi cuaca yang ekstrim di Makassar.

"Masyarakat sebenarnya masih sangat membutukan informasi, mengenai tatalaksana batuk dan hidung tersumbat yang disebabkan Common Cold," ucapnya.

Anggota PKM lainnya, Wisdawati mengatakan
Common Cold bisa disebabkan oleh infeksi virus ringan disaluran pernapasan bagian atas.

"Penanganan yang kurang tepat dalam kasus ini, bisa mengakibatkan rasa kurang nyaman dan terhambatnya semua aktivitas," ucapnya.

Sementara itu, Selpida Handayani mengatakan jika dalam memberikan edukasi ke masyarakat, tim mereka memberikan solusi untuk dapat mengurangi gejala baik secara farmakogi dan non-farmakologi.

Selain itu, setiap orang yang diberikan edukasi akan diberikan informasi obat-obat yang bisa dikonsumsi baik kimia maupun herbal.

"Kami juga jelaskan jika, boleh juga dilakukan pemberian beberapa jenis vitamin yang dapat dikonsumsi agar tetap menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit," tuturnya.(*/)

  • Bagikan