Raih Beasiswa Indonesia Maju LPDP Luar Negeri, Ini Prestasi Salah Seorang Siswa MAN 2 Kota Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Makassar kembali menorehkan prestasi yang membanggakan buat sekolahnya. Adalah Fayyadh Ats Tsaqib Marwan siswa kelas XI IPA 1 dinyatakan lolos proses penerima Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri 2022 Angkatan 3 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Fayyadh, demikian sapaannya berhasil diterima untuk mengikuti program beasiswa studi lanjut ke luar negeri yang diselenggarakan Kemendikbudristek bekerjasama LPDP Kementerian Keuangan setelah mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditetapkan Puspresnas Kemendikbudristek selaku penyelenggara.

Untuk mengikuti seleksi tersebut siswa mendaftar pada laman kemendikbudristek yang dibuka pada tanggal 12-31 Oktober 2022 dengan mengunggah tiga esai yang ditulis dalam Bahasa Inggris.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat, selanjutnya, panitia melakukan seleksi administrasi, prestasi, subtansi dan wawancara hingga Desember 2022. Sebanyak 107 Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) terbaik di dunia telah ditetapkan sebagai tujuan studi peserta didik penerima Beasiswa Indonesia Maju.

Informasi yang dihimpun, Fayyadh bersama teman-temannya yang tergabung dalam Tim Robotik MAN 2 Kota Makassar berhasil meraih Emas pada ajang Kontes Robot Internasional yang diselenggarakan oleh International Robotic Training and Competition di Universitas Tekhnologi Malaysia (UTM) di Kuala Lumpur.

Sebelumnya, Fayyadh telah mempresentasikan hasil risetnya pada seminar internasional IEEE yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung pada bulan Agustus 2022. Hasil risetnya yang berjudul: Applying image classification for detect leaf disease: case study for Porang plant; sudah dipublikasikan pada IEEE Xplore yang merupakan database jurnal internasional online yang terindex Scopus.

  • Bagikan