Sentuhan Digitalisasi Desa Wisata di Sulsel, Bank Sulselbar Bersama Telkomsel Gelar Workshop

  • Bagikan
Bank Sulselbar bersama Telkomsel akan menggelar workshop penguatan desa wisata. (Dok Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Pada tahun 2022 lalu, Provinsi Sulawesi Selatan meraih penghargaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Provinsi dengan Desa Wisata Terbanyak pada Anugerah desa wisata Indonesia 2022.

Saat itu, sebanyak 465 Desa Wisata di Sulsel yang diusulkan untuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Hasilnya, 4 desa tembus jadi 50 terbaik nasional.

Untuk mendukung pengembangan desa wisata di Sulsel, Bank Sulselbar bersama Telkomsel dan IDNESIAN menggelar program Workshop tentang pengembangan Desa Wisata dengan tema 'Penguatan Desa Wisata Berbasis Ekosistem Digital untuk Peningkatan Kesejahteraan masyarakat'. Kegiatan ini rencananya digelar Rabu (11/1/2023) di Baruga Telkomsel Makassar.

Pemimpin Departemen Ritel PT Bank Sulselbar, St Muthmainnah mengatakan dalam pelatihan itu pihaknya mengundang aparat desa, pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan kelompok masyarakat sadar wisata.

"Kita ingin memaksimalkan program desa wisata. Bagaimana aparat desa, BUMdes dan masyarakat bisa mengeksplor potensi desa mereka agar bisa jadi destinasi wisata," kata Muthmainnah di Kantor Bank Sulselbar, Senin (9/1/2023).

Khusus BUMDes, Bank Sulselbar berharap mereka bisa jadi penggerak ekonomi di pedesaan. Termasuk dengan menjadikan pengelolaan destinasi wisata sebagai salah satu unit desa.

"Kita berupaya menjadikan Kabupaten Gowa dan Mamuju jadi pilot projectnya. Lumayan dana yang dikelola BUMDes untuk mengembangkan wisata, apalagi mereka bisa mengajukan kredit ke kami," jelasnya.

  • Bagikan