Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Simulasi pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

  • Bagikan

Sikap dan perilaku yang dilakukan Peserta Didik-Peserta Didik di sekolah khususnya kelas VIII, merupakan indikasi bahwa ada kesenjangan antara cita-cita dan realita. Cita-cita dalam hal ini menjadikan peserta didik yang berakhlak mulia, sedangkan realitanya adalah masih banyaknya Peserta Didik yang melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai akhlak mulia.

Berkaitan dengan masalah tersebut, penyebab rendahnya hasil belajar Peserta Didik disebabkan karena rendahnya peran serta dan aktivitas Peserta Didik dalam proses pembelajaran, hal ini merujuk pada observasi yang dilakukan oleh peneliti di dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Sebelum penelitian dilaksanakan peneliti mengadakan pertemuan pada hari senin tanggal 1 Oktober 2020 dengan Bapak Drs. Syamsuddin, M.Pd.I selaku kepala Madrasah dan guru Aqidah Akhlak kelas VIII. Dalam pertemuan ini peneliti menyampaikan tujuan untuk melaksanakan penelitian di sekolah tersebut. Kepala sekolah dan wakil kurikulum memberikan izin pelaksanaan penelitian dan guru Aqidah Akhlak kelas VIII untuk membicarakan rencana selanjutnya. Peneliti dan guru Aqidah Akhlak kelas VIII berdiskusi mengenai rencana penelitian yang akan dilaksanakan dengan disepakati bahwa kelas VIII yang dijadikan sumber data penelitian.

Penelitian ini diawali juga dengan melakukan observasi kelas, di mana terdapat beberapa Peserta Didik yang bermasalah terutama mengenai sikap dan tingkah laku yang sering terjadi di kelas tersebut. Ketika peneliti melakukan observasi kelas, observasi di luar kelas dan wawancara dengan beberapa guru serta melalui data BK (Bimbingan Konseling), ternyata terdapat beberapa Peserta Didik yang bermasalah mengenai sikap dan tingkah laku, khususnya kelas VIII, ada 20 Peserta Didik bermasalah dari jumlah 36 Peserta Didik dan 16 Peserta Didik sudah cukup baik dalam hal akhlak. 20 Peserta Didik inilah yang menjadi provokator terhadap teman yang lainnya, sekaligus menjadi subjek dalam penelitian ini.

  • Bagikan