Masuk Jadesta 2013, Desa Tompobulu Tawarkan Wisata Air Terjun dan River Tubing

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Wisata alam di Dusun Taipa Desa Tompobulu Kecamatan Tompobulu Kabupaten Maros merupakan salah satu destinasi wisata baru yang masuk dalam Jaringan Desa Wisata (Jadesta) tahun 2023.

Dimana jenis wisata yang ditawarkan itu yakni wisata alam. Mulai air terjun, gua hingga river tubing.

Kepa Desa Tompobulu, Asri mengatakan kalau Desa Wisata Tompobulu ini keunggulannya lebih dekat dari kota Maros.

"Daya tariknya beragam, ada sungai, ada gua dan air terjun," katanya.

Dia mengatakan kalau di Desa Tompobulu juga sudah terdaftar di Jaringan Desa Wisata (Jadesta) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu desa yang akan mengembangkan desa wisata di Kecamatan Tompobulu kategori perintis atau pemula.

"Jadi kami di Kecamatan Tompobulu memang memiliki daya tarik wisata yang sangat banyak. Seperti di Air Terjun Taipa di Dusun Tombolo Desa Tompobulu yang sudah kita daftarkan dalam Jadesta. Nah untuk menuju ke lokasi air tejun Taipa juga hanya ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Maros baik menggunakan sepeda motor maupun roda empat," jelasnya.

Setelah ditempuh dengan kendaraan, kata dia, pengunjung kemudian berjalan kaki sekitar 500 meter.

Sementara Camat Tompobulu, Yusriadi Arief mengatakan kalau saat ini pemerintah di Desa Tompobulu sedang menginvetarisasi daya tarik wisata yang ada di Desa tompobulu untuk pengembangan desa wisata yang terintegrasi.

"Ya karena selain air terjun Taipa, juga terdapat Gua Singara yang memiliki potensi wisata gua dan sungai Badda Ujung untuk pengembangan wisata sungai. Nah salah satu yang bisa dikembangkan itu wisata River Tubing," pungkasnya.

  • Bagikan