250 Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Pendampingan Halal di Unismuh Makassar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Halal Center Unismuh kerjasama dengan KPw Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel menggelar kegiatan pelatihan dan pendampingan halal, di Gedung Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar, Selasa-Jumat, 11-14 April 2023.

Ada empat kegiatan yang dilaksanakan, yakni Pelatihan dan Pendampingan Proses Produk Halal (PPH), Pelatihan Juru Sembeli Halal (Juleha), Sertifikat Halal Rumah Potong Ayam (RPA), dan Pendampingan Self Declare Halal UKM.

Penanggungjawab kegiatan, Dr Jamaluddin Majid, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari (11-14) April 2023.

Untuk kegiatan Pelatihan Pendampingan Halal (PPH) dilaksanakan 11-12, April 2023, diikuti 250 orang terdiri dari pelaku UMKM, dosen, anggota persyarikan Muhammadiyah dan masyarakat umum.

Sementara untuk pelatihan Juru Sembeli Halal (Juleha) dilaksanakan,13-14 April 2023, diikuti 125 orang dari RPH dan RPA, pengurus masjid, anggota persyarikan dan masyarakat.

Jamaluddin Majid juga menyampaikan kegiatan ini disponsori oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel.

Ada beberapa narasumber yakni, Kepala BPJPH Kemenag, Dr H Muhammad Akil Irham,M.Si, Direktur LPH-KHT Muhamadiyah, Dr Ir HM Nadratuzzam Hosen, M.S, M.Ec serta dari PP Muhammadiyah, keduanya hadir secara virtual.

Sementara narasumber dari Unismuh adalah Rektor Ujismuh Prof H Ambo Asse, khusus untuk materi Prof Ambo Asse terdiri beberapa pokok bahasan, yakni Prinsip Halal- Haram sesuai syariah Islam, Fatwa MUI terkait produk halal, penyembelihan, alkohol serta Fatwa MUI terkait makanan dan minuman.

  • Bagikan