FKG Unhas Gelar Baksos, Berhasil Pasang Protesa Mata ke 38 Pasien

  • Bagikan
Departemen Prostodonsi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Departemen Mata Fakultas Kedokteran Unhas bergabung dalam sebuah kegiatan bakti sosial pembuatan protesa mata yang bertema "Kado Mata Buat Lebaran".

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Departemen Prostodonsi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Departemen Mata Fakultas Kedokteran Unhas bergabung dalam sebuah kegiatan bakti sosial pembuatan protesa mata yang bertema "Kado Mata Buat Lebaran".

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian institusi pada masyarakat dan untuk menunjang program pemerintah dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Pendaftaran kegiatan bakti sosial ini dibuka pada bulan Januari 2023 dan berhasil menarik perhatian sebanyak 62 pasien.

Selanjutnya, para pasien menjalani proses screening yang dibantu oleh dokter spesialis mata dari Departemen Ilmu Penyakit Mata Fakultas Kedokteran Unhas.

Dari hasil screening, sebanyak 38 pasien dinyatakan memenuhi syarat dan melanjutkan proses pencetakan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGMP) Unhas.

Ketua Panitia, Drg Irfan Dammar mengatakan bahwa selama bulan Februari, para pasien yang telah memenuhi syarat menjalani beberapa kali kunjungan untuk proses pencetakan.

"Namun, terdapat sejumlah 12 pasien yang tertunda pencetakannya karena perlu menjalani operasi ulang akibat belum adanya protesa mata setelah operasi sebelumnya," katanya, Sabtu 15 April 2023

Kegiatan bakti sosial ini mendapat dukungan penuh dari Badan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (BSI) dan BSI Maslahat sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR).

Sebelumnya, pada 2022 lalu, Departemen Prostodonsi FKG Unhas berhasil mencatatkan rekor MURI dengan kegiatan pemasangan gigi tiruan secara serentak.

  • Bagikan