Panda Nababan Bocorkan Obrolan Jokowi, Ganjar dan Prabowo di Sawah, Ternyata Bahas Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Momen pertemuan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di sawah beberapa waktu lalu sempat jadi perhatian publik.

Ketiganya sempat berswafoto di tengah hamparan sawah saat panen raya di Kebumen, Jawa Tengah, pada 9 Maret 2023.

Saat foto itu pertama kali muncul di publik, beragam spekulasi bermunculan. Tidak sedikit yang menghubung-hubungkannya dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Namun hingga kini, tak ada yang tahu persis apa isi perbincangan mereka. Hingga kader senior PDI Perjuangan Panda Nababan membocorkannya.

Panda menuturkan, saat itu, memang ada perbincangan soal Pilpres. Jokowi bahkan mempersilahkan Ganjar dan Prabowo bicara empat mata soal Pilpres. Mengingat keduanya bakal calon kuat di bursa capres.

“Jokowi di depan kemudian dia bilang kalian berdua bicara aja (empat mata) lebih bebas menentukan siapa bersama atau bagaimana,” tutur Panda Nababan dikutip dari YouTube Total Politik, Selasa (16/5/2023).

Pernyataan Jokowi itu pun, langsung ditimpali Prabowo. Panda mengatakan, saat itu Ketua Umum Partai Gerindra tersebut langsung menyodorkan dirinya.

“Kemudian Prabowo mengatakan ‘dah, Mas Ganjar aja wakil saya’. Terus ‘bagaimanapun saya lebih senior’,” ujar Panda menirukan Prabowo waktu itu.

Sebagai figur dengan elektabilitas paling mentereng diberbagai survei, Ganjar tak langsung mengamini tawaran Prabowo.

“Datang Ganjar ‘bagaimana saya bisa jadi orang kedua. Tidak mungkin dibolehkan oleh partai saya dan kami partai pemenang’ gitu loh. Itulah pembicaraan dialog itu,” beber Panda.

  • Bagikan