Unismuh Makassar Kukuhkan Abd Rahman Rahim Jadi Guru Besar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menggelar rapat senat yang bersejarah pada hari Selasa, 23 Mei 2023, di Balai Sidang Muktamar 47 Unismuh Makassar. Rapat senat tersebut mengukuhkan Prof. Dr. Abd Rahman Rahim M.Hum sebagai Guru Besar dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Prosesi pengukuhan yang dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, dosen, dan tamu undangan ini dipimpin oleh Rektor Unismuh, Prof. Ambo Asse.

Abd Rahman Rahim ditetapkan sebagai Guru Besar ditetapkan melalui SK Mendikbudristek nomor 19617/M/07/2023. SK tersebut dibacakan Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri sebelum prosesi pengukuhan.

Prosesi pengukuhan ditandai dengan pengalungan selempang dari Ketua Dewan Guru Besar Unismuh Prof Irwan Akib. Pengukuhan Abd Rahman Rahim sebagai Guru Besar merupakan pengakuan terhadap dedikasi, kompetensi, dan kontribusinya yang luar biasa dalam pengembangan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

Target 20 Guru Besar

Dalam sambutan pengukuhan ini, Rektor Unismuh Prof. Ambo Asse memberikan ucapan selamat sekaligus mengapresiasi kegigihan Rahman Rahim dalam mengurus jabatan fungsional menuju guru besar.

Ia juga kembali mengingatkan para dosen agar memerhatikan jabatan fungsional. “Kalau mau jadi Rektor, atau Dekan, itu butuh kesepakatan banyak orang. Tapi jabatan fungsional harus diurus sendiri,” ujarnya.

Saat ini, kata Ambo Asse, menyebut Unismuh memiliki 15 orang guru besar aktif. “Saya menargetkan hingga akhir periode jabatan saya, minimal ada 20 orang guru besar,” harapnya.

  • Bagikan