Pertunjukan Teater ‘Marege’s Heart To Berru’ pada Festival Budaya To Berru XII

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, BARRU -- Teater Kita Makassar berkolaborasi dengan Program Studi Seni Drama, Tari dan Musik (Sendratasik) Jurusan Seni Pertunjukan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dan Komunitas Seni Budaya dari Kabupaten Barru mempersembahkan pertunjukan kolaborasi sastra drama, puisi, teater, tari, musik dan video art “Marege's Heart to Berru” karya dan sutradara Maestro Sastra dan Teater Dr. Asia Ramli, M.Pd.(Dosen Prodi Sendratasik Jurusan Seni Pertunjukan FSD UNM) pada Festival Budaya to Berru XII, 28 Mei 2023, mulai pukul 19.30 sampai selesai di Anjungan Pantai Sumpang Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pertunjukan ini merupakan pengembangan dari “The Eyes of Marege” yang pernah dipentaskan oleh Dr. Asia Ramli, M.Pd., dan Dr. Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd., dan Ishakim dari Teater Kita Makassar kolaborasi dengan Julie Janson, Sally Sussman dari Australian Performance Exchange Australian dan Djakapurra Munyarryun dari Banggara Dance Theatre Australia pada Festival Oz"Asia di Adelaide dan di Opera House Australia tahun 2007.

Karya kolaborasi ini diangkat dari hasil penelitian hubungan sejarah, perdagangan, budaya dan persaudaraan suku Bugis-Makassar dan suku Aborigin (Marege).

Marege adalah nama yang diberikan oleh orang Bugis-Makassar bagi wilayah pesisir Arnhem Land dan Teluk Carpentaria, Northern Territory, Australia.

Nama ini diberikan terkait dengan hubungan dagang dan budaya suku Bugis-Makassar dengan penduduk setempat (suku aborigin Yolngu) yang telah terjadi paling tidak sejak abad ke-16.

  • Bagikan