Kontribusi Program JKN dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi

  • Bagikan
IST

Fajar.co.id, Makassar – Sebagai bentuk kontribusi BPJS Kesehatan terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti menjelaskan bahwa sejak Tahun 2021, BPJS Kesehatan telah menggelar kompetisi proposal riset yang ditujukan kepada lembaga riset di bawah universitas-universitas di Indonesia.

 “Melalui kompetisi bernama Open Call for Research Proposal ini, kami berharap dunia perguruan tinggi dapat menjawab permasalahan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berbasis bukti ilmiah,” ujar Ghufron saat menjadi narasumber dalam Kuliah Umum tentang Sinergi Program JKN dalam Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Universitas Hasanuddin, Makassar (17/6).

Lanjutnya, sebagai bentuk dukungan atas kompetisi tersebut, BPJS Kesehatan membuka akses data sample yang dapat dimanfaatkan civitas academica dan peneliti umum, dengan mekanisme sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Terdapat juga dataset yang telah disiapkan sesuai format tertentu berupa JKN yang ditulis dalam angka,” ungkapnya.

Ghufron berharap, civitas academica di Universitas Hasanuddin dapat memanfaatkan kesempatan akses tersebut untuk berperan aktif dalam perbaikan Program JKN. Terlebih, BPJS Kesehatan dan Universitas Hasanuddin telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk Program Peningkatan kualitas SDM dan Studi JKN, 18 Juni 2021 lalu.

Peningkatan Kualitas SDM melalui pembelajaran pendidikan tinggi di Universitas Hasanuddin sudah dilaksanakan melalui penyelenggaraan beasiswa, terlebih bagi pegawai BPJS Kesehatan yang berprestasi dan lolos dari serangkaian mekanisme rekrutmen sesuai ketentuan.

  • Bagikan