Hadir pada Wisuda Sarjana Unsulbar, Rektor UNM Ajak Alumni Maksimalkan Potensi dan Kembangkan Daerah

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAJENE -- Hadir pada prosesi wisuda sarjana Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), pada Rabu (5/7/2023), Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Husain Syam mengajak alumni untuk kembangkan potensi daerah.

Rektor dua periode yang akrab disapa PHS itu menyampaikan orasi ilmiah bertema “Kontribusi Karakter Entrepreneur dalam Membangun Kemandirian Alumni Perguruan Tinggi di Masyarakat".

Dihadapan ratusan wisudawan dan civitas akademika Unsulbar, PHS mengajak seluruh alumni Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) mengisi ruang pembangunan di Sulbar.

Caranya, dibeberkan PHS. Yaitu dengan memaksimalkan segala potensi yang dimiliki para wisudawan.

Salah satunya dengan mengembangkan kompetensi entrepreneurship dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam yang tersedia.

"Kemiskinan dan keterbelakangan di Sulawesi Barat bisa ditangani dengan pembangunan infrasturktur yang mendukung serta didukung dengan kaum muda yang berjiwa entrepreneurship,” ujar PHS dalam orasinya.

Tokoh Sulbar itu menjelaskan, Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan upaya membangun kompetensi mahasiswa dari bidang ilmu yang dipelajari di universitas sebagai pengembangan talenta dan bakat kemampuan mahasiswa.

Selain itu, PHS juga menegaskan teknologi dan robot dari industri teknologi memang bisa menggantikan tenaga manusia. Kehadiran teknologi menjadikan semua pekerjaan jadi mudah.

Guru besar di bidang pertanian ini bahkan mengatakan era sekarang adalah entrepreneurship dan digitalisasi.

Karenanya, kaum muda, mahasiswa, para alumni, kata dia. Khususnya wisudawan sangat penting memahami dan memasuki era ekonomi kreatif di abad sekarang.

  • Bagikan