Gelar Seminar Nasional, Rektor UNM: Era society 5.0 Pendidikan Membutuhkan Perubahan Paradigma Pendidikan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional sebagai rangkaian peringatan Dies Natalis ke-62 UNM, di Ruang Teater Menara Pinisi, Rabu (26/7/2023)

Acara Seminar nasional kali ini menghadirkan Keynote Speaker dua pakar dalam bidangnya yakni Dirjen Dikti Periode 2010-2014, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc dan Ketua Badan Kejuruan Teknik Industri Persatuan Insinyur Indonesia, Dr. Ir. Faizal Safa, M.Sc, IPU, ASEAN Eng.

Ketua Panitia Dies Natalis UNM Ke 62 Prof.Dr.Ir. Muhammad Yahya, M.Kes., M.Eng., IPU., ASEAN Eng melaporkan, Seminar ini diikuti oleh 109 pemakalah dari beberapa kampus di Makassar dengan mengangkat tema: "Peran Pendidikan Berbasis Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Memajukan SDM di Era Society 5.0"

Rektor UNM Prof.Dr.Ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng. Menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, menghadapi era society 5.0, dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM, Banyak tantangan dan perubahan yang harus dilakukan di era society 5.0 ini. Dalam menghadapi era society ada dua hal yang harus dilakukan yaitu adaptasi dan kompetensi.

"Untuk menghadapi era society 5.0 ini satuan pendidikan pun dibutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan. Diantaranya pendidik meminimalkan peran sebagai learning material provider, pendidik menjadi penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik. Pendidik berperan sebagai fasilitator, tutor, penginspirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik" unkapnya.

  • Bagikan