Pelatihan Ekspor bagi UKM, Kolaborasi Telkom Indonesia bersama Kementerian Perdagangan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Untuk mendukung program pemerintah dalam mendorong UKM berdaya saing Internasional, PT. Telkom Indonesia bersama Kementerian Perdagangan melalui Pusat Pelatihan Pendidikan Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) memberikan kegiatan Pelatihan Perdagangan Ekspor tingkat lanjutan bagi UKM Binaan Telkom.

Kegiatan yang bertajuk "Bagaimana memulai Ekspor" ini diselenggarakan pada tanggal 22 - 24 Agustus 2023 di Hotel Harper Makassar yang diikuti oleh 30 peserta business owner yang berasal dari Kota Makassar. Selama 3 hari peserta akan mendapatkan berbagai materi terkait proses ekspor mulai dari persiapan, prosedur, hingga manfaat yang nantinya akan diperoleh saat melakukan ekspor.

Bapak Erick Tobing selaku Manager Customer Relationship Management & Leveraging Telkom Indonesia mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah upaya Telkom Indonesia untuk bersinergi dengan pelaku usaha dalam memajukan perekonomian indonesia melalui ekspor produk-produk lokal. “Dari kegiatan ini kami berharap bisa meningkatkan jumlah produk lokal indonesia yang dapat diekspor” ujarnya.

Hadir pula, Ibu Desi Andriani dari Kementrian Perdagangan dalam sesi materinya menyampaikan “Penting bagi business owner mempelajari proses ekspor ini, seperti perjanjian kerjasama yang perlu disepakati serta bentuk kontraknya seperti apa dibutuhkan sehingga sejak awal dapat menghindari hal-hal yang dapat merugikan UKM” ujarnya.

Selain itu, Ibu Desi juga menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi kesempatan yang baik bagi business owner untuk lebih mendalami ilmu mengembangkan pasar ke luar Indonesia yang dapat menjadi kesempatan berharga yang bisa diterapkan dengan baik nantinya.

  • Bagikan