Upaya Membangun Desa, Dosen UNM Lakukan Pendampingan Pariwisata Olahraga dan Pangan Lokal di Jeneponto

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JENEPONTO -- Para civitas akademika Universitas Negeri Makassar dengan latar keilmuan yang berbeda-beda, berkolaborasi dalam melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Komitmen serta tanggung jawab yang harus dilakukan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi diwujudkan dalam berbagai cara diantaranya menjalin sinergi dengan pemerintah, dalam hal ini perangkat desa dan masyarakat Desa Loka, Kabupaten Jeneponto. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk merealisasikan PKM DRTPM tahun anggaran 2023 melalui Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Pengembangan Pariwisata Olahraga dan Pangan Lokal Berbasis Community Based Tourism di Desa Loka, Kabupaten Jeneponto.

Adapun tim dosen yang melaksanakan kegiatan ini diketuai oleh Hezron Alhim Dos Santos, S.Pd., M.Pd. (Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan) beserta tim PKM lainnya, Satriadi, S.Pd., M.Sn. (Fakultas Seni dan Desain) dan Yade K. Yasin, M.Gizi, RD. (Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan).

Hezron Alhim Dos Santos, S.Pd., M.Pd. menuturkan bahwa “Kehadiran kami bertujuan untuk membuka pandangan baru masyarakat Desa Loka terhadap potensi besar yang dimiliki. Kekayaan sumber daya alam yang melimpah dapat membangun perekonomian desa apabila dikelola dan diberdayakan secara baik, yang tentunya diiringi dengan perbaikan kualitas sumber daya manusianya” ungkap Hezron dalam sambutannya membuka kegiatan Program Kemitraan Masyarakat, Minggu 27 Agustus 2023 lalu.

Rangkaian kegiatan pengabdian diawali dengan mengadakan sosialisasi sekaligus pendampingan pengenalan potensi pariwisata olahraga yang dibawakan oleh Ketua Tim dihadiri oleh para masyaraka; dilanjut pendampingan pelatihan desain dan branding oleh Satriadi, S.P.d., M.Sn. diikuti oleh pemuda desa dan karang taruna; serta pelatihan pembuatan pangan lokal tomat oleh Yade K. Yasin, M.Gizi, RD. diikuti oleh para ibu rumah tangga.

  • Bagikan