Empat Program Studi Institut Bisnis dan Keuangan Nitro Mendapatkan Izin RPL

  • Bagikan

Fajar.co.id, Makassar -- Jalur RPL adalah kepanjangan dari Rekognisi Pembelajaran Lampau, merupakan penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai program studi. RPL sendiri merupakan sebuah implementasi dari pembelajaran sepanjang seumur hidup untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja yang terdidik dan berkeahlian.

RPL ini juga membantu memberikan kesempatan yang lebih luas lagi untuk masyarakat yang telah memiliki pengalaman kerja, untuk dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Sistem pembelajarannya pun tetap memakai satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah, yang diperoleh melalui pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi. Jumlah maksimal mata kuliah yang dapat diperoleh atau diakui adalah 15 mata kuliah.

Institut Bisnis dan Keuangan Nitro sendiri mendapatkan Ijin untuk membuka Jalur RPL pada empat Program Studi, yaitu Program Studi Manajemen Jenjang Strata Dua (S2), Program Studi Manajemen Jenjang Strata Satu (S1),  Program Studi Kewirausahaan Jenjang Strata Satu (S2), Program Studi Manajemen Perbankan Jenjang Diploma Tiga (D3).

Untuk Strata Dua Manajemen (S2), mahasiswa dapat meneyelesaikan kuliah sekitar satu tahun dengan mengikuti Perkuliahan satu semester dan Menyusun tesis satu semester, sementara untuk Program Strata Satu (S1), mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah dengan dua setengah tahun, begitupun dengan Diploma tiga (D3).

Aktivitas mahasiswa baik secara formal maupun non formal akan di konversi menjadi SKS, yang tentunya nanti akan ditentukan oleh Tim RPL itu sendiri, ucap Rektor IBK Nitro, H.Moh.Hatta. “Harapannya dengan adanya izin RPL untuk ke empat Prodi di IBK Nitro merupakan amunisi baru bagi IBK Nitro dan semoga dapat meningkatkan kepercayaan Masyarakat untuk lanjut Kuliah di IBK Nitro,” tutup Hatta. (rls)

  • Bagikan