Institut Francais d’Indonesie (IFI)-Kedubes Perancis di Indonesia Jajaki Kerja Sama dalam Pengajaran Bahasa Prancis di FBS UNM

  • Bagikan

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sangat bangga dan berterima kasih kepada Kedubes Prancis yang berniat mengembangkan pengajaran bahasa Jerman. Menurut Iqbal, di beberapa SMA dan SMK sudah diajarkan bahasa Prancis dan jumlah siswa yang berminat cenderung meningkat.

"Saya mendukung jika SMA dan SMK di Provinsi Sulawesi Selatan menggiatkan dan memotivasi peserta didik untuk belajar bahasa Prancis. Karena bahasa Prancis merupakan bahasa internasional yang dapat membantu peserta didik mendapatkan peluang dan kesempatan kerja di Prancis. Buatlah workshop atau kursus bahasa Prancis bagi guru dan siswa," katanya bersemangat.

Prof. Dr. Anshari, M.Hum. Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNM menyambut baik tawaran kerja sama dari IFI dan AMF. Jalinan kerja sama UNM dan Kedubes Prancis telah pernah ada, tetapi terbatas pada pendirian Prancis Corner di Perpustakaan UNM. Namun, dengan tawaran ini kerja sama itu akan diperluas dan memungkinkan FBS UNM dapat berpartisipasi lebih intensif.

"Kami sedang memikirkan untuk membuka program studi Pendidikan Bahasa Prancis. Prospeknya sangat besar sebagaimana dijelaskan Julie Duperoir. Di FBS telah berjalan tiga prodi di Jurusan Bahasa Asing, yaitu prodi Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Bahasa Arab, dan Pendidikan Bahasa Mandarin. Jika Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan memberi ruang untuk mata pelajaran bahasa Prancis di SMA dan SMK, tentu menjadi peluang bagi FBS UNM menyiapkan guru-guru bahasa Prancis yang profesional," harap Guru Besar Pendidikan Bahasa Indonesia.

  • Bagikan