Institut Francais d’Indonesie (IFI)-Kedubes Perancis di Indonesia Jajaki Kerja Sama dalam Pengajaran Bahasa Prancis di FBS UNM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Institut Francais d'Indonesie (IFI)-Kedutaaan Besar (Kedubes) Prancis di Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan kerja sama dalam bidang pendidikan, kebudayaan, dan bahasa Prancis dengan berbagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia.

Hal itu ditegaskan Julie Duperoir yang menjabat sebagai Atase Kerja Sama untuk Bahasa Prancis dan Direktur Nasional Kursus menegaskan memilih Makassar sebagai prioritas, salah satunya ditandai dengan telah diresmikannya Alliance Francaise Makassar (AFM) pada 23 Juni 2023. AFM diharapkan dapat memberikan dukungan konkret untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Prancis melalui berbagai kegiatan seni dan pendidikan di masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di ruang Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Julie Duperoir yang sejak bulan September 2023 bertugas di Indonesia melakukan kunjungan di Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan untuk membahas peluang kerja sama khususnya di bidang pengajaran bahasa Prancis.

Julie Duperoir didampingi St. Fatimah Sarro selaku atase pendidikan bahasa Prancis yang juga bertindak sebagai Direktur Alliance Prancis Makassar, menjelaskan beberapa program yang telah dan akan dilaksanakan di Makassar, seperti kursus Bahasa Prancis, tes kemahiran bahasa Prancis (semacam IELT/TOEFL dalam bahasa Inggris), pemutaran film Prancis bekerja sama dengan Studio XXI.

"Lembaga kami juga telah menginisiasi kegiatan budaya Prancis, kuliner, dan berbagai produk yang berasal dari Prancis. Tujuannya agar masyarakat di Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar semakin mengenal budaya dan bahasa Prancis," ungkap St. Fatimah Sarro yang menyelesaikan pendidikan Sarjana di Jurusan Bahasa Prancis Unhas dan Magister di Prancis.

  • Bagikan