Bupati Maros Serahkan Bantuan Lima Unit Alsintan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) ke sejumlah kelompok tani Senin,18 September di Tribun Utama Lapangan Pallantikang.

Dimana total anggaran untuk lima unit alsintan dan bangunan ini nilainya diperkirakan sekitar Rp3,4 miliar.

Penyerahannya dilakukan langsung oleh Bupati Maros, AS Chaidir Syam kepada perwakilan kelompok tani.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan penyaluran alsintan ini sebagai wujud perhatian pemerintah Kabupaten Maros dalam mendorong pengembangan sektor pertanian.

"Hari ini diserahkan bantuan alsintan, berupa Rice Milling Unit (RMU), Dryer padi kapasitas 10 ton, dan Colour Sorter atau pemisah beras," katanya.

Dia berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dalam mendukung peningkatan hasil pertanian, khususnya untuk komoditas beras.

"Kita imbau agar dipelihara dengan baik. Semoga bisa awet pemakaiannya dan memberi manfaat berlimpah kepada para kelompok tani,"sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Maros, Agustam mengatakan bantuan yang diserahkan berupa dua unit RMU senilai Rp768.000.000 dan bangunan RMU senilai Rp300.000.000 kepada Kelompok Tani Tunas Harapan, Desa Tanete Kecamatan Simbang.

Selanjutnya bantuan alsintan berupa Dryer Padi kapasitas 10 ton senilai Rp827.000.000 dan bangunan Dryer senilai Rp380.000.000 yang diserahkan kepada Kelompok Tani Manarang II, Desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung.

"Juga dua unit Colour Sorter atau pemisah beras yang diserahkan senilai Rp857.900.000 kepada Kelompok Tani Sinar Makmur, Kelurahan Boribellaya di Kecamatan Turikale dan Kelompok Tani Sinar Baru, Kelurahan Baji Pamai, Kecamatan Maros Baru," ungkapnya.

  • Bagikan