Tim PkM PPS-UNM Gelar Dua Program untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan Warga

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar (PPS-UNM) melalui Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) terus memperlihatkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesadaran masyarakat.

Sejumlah kegiatan telah dilakukan tim ini. Terbaru, Tim PkM PPS-UNM mengambil inisiatif dengan dua program berbeda yang bertujuan memberikan dampak positif pada sektor pendidikan dan kesadaran masyarakat.

Program pertama memfokuskan peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah Bunga Asya, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Program kedua ditujukan untuk meningkatkan kesadaran Ibu Rumah Tangga (IRT) tentang pentingnya pendidikan dalam membentuk masa depan anak-anak mereka agar lebih baik lagi kedepannya.

Ketua Tim PkM PPS-UNM untuk guru TK/PAUD, Irwan S.Si, M.Si menyampaikan inovasi program untuk guru TK dan PAUD adalah penggunaan media pembelajaran berbasis permainan tradisional dalam bentuk digital.

"Ini bertujuan memperkaya pengalaman belajar anak-anak serta memperkuat pemahaman tentang konsep-konsep dasar seperti angka, huruf, bentuk, warna, dan keterampilan sosial," kata Irwan, Senin, 18 September.

Pihak UNM bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat dan beberapa lembaga non-pemerintah untuk menyediakan pelatihan intensif kepada guru TK/PAUD di wilayah yang sementara dibimbing.

"Kami percaya bahwa pembelajaran harus menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak," bebernya. Salah satunya dengan menggabungkan unsur-unsur permainan tradisional yang akrab dengan teknologi digital.

  • Bagikan