Perkuat Peran dalam Riset dan Pendidikan, PT Vale dan Unhas Teken Kerja Sama

  • Bagikan
Penandatanganan PKS oleh Direktur Eksternal Relations PT Vale, Endra Kusuma (kanan) dan Wakil Rektor IV Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas, Prof Adi Maulana (kiri) di Lantai VI Gedung Rektorat Unhas, Rabu (20/09/2023).

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dan Universitas Hasanuddin (Unhas) menandatangani tiga Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Lantai VI Gedung Rektorat Unhas, Rabu (20/09/2023). Kerja sama yang disepakati terkait Piloting Sistem Monitoring Biodiversity untuk Pengelolaan Kawasan Konservasi Bernilai Tinggi di Kawasan Tambang Vale, Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan Jenjang Perguruan Tinggi untuk Teknik Prodi Metalurgi, dan Pelaksanaan Program Co-Ops Bagi Mahasiswa Unhas.

Masing-masing PKS ditandatangani oleh Direktur Eksternal Relations PT Vale, Endra Kusuma dan Wakil Rektor IV Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Unhas, Prof Adi Maulana, disaksikan perwakilan kedua pihak.

Endra Kusuma mengatakan, penandatanganan PKS sebagai bentuk tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor Unhas, Wakil Rektor IV, dan CEO PT Vale di Jakarta pada awal tahun 2023.

Pelibatan perguruan tinggi penting bagi PT Vale karena akan memperkuat fungsi kedua institusi. Sebagai industri pertambangan, PT Vale berperan menyediakan lapangan kerja. Sementara perguruan tinggi, berfungsi menyiapkan lulusan unggul dan siap bersaing.

“Secara bertahap kami membuka kuota untuk 10 orang mahasiswa yang akan menjalani Program Co-Ops atau magang di PT Vale. Peserta akan diseleksi oleh Tim Unhas dan Vale. Kedua, ada resources terkait biodiversity. Unhas akan membantu PT Vale dalam pemetaan, penyediaan bank data keanekaragaman hayati, dan semacamnya. Ketiga, kami memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa Prodi Teknik Metalurgi Unhas. Bersama-sama kami juga akan menelaah perkembangan kerja sama ini agar dapat semakin ditingkatkan ke depan,” jelasnya.

  • Bagikan