Buka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, Wabup Maros: Kita Sementara Membangun Bumi Perkemahan

  • Bagikan

"Karena berlandaskan asas kekeluargaan, kita tidak menutup ruang bagi organisasi-organisasi kepemudaan saat ingin melakukan kolaborasi. Termasuk jika ingin menggunakan bumi perkemahan," paparnya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMP se Kabupaten Maros, Syamsuddin menjelaskan, KMD dilaksanakan dalam rangka pembentukan profil pelajar Pancasila yang beriman, bertaqwa, berkepribadian, mandiri sebagaimana dasa darma.

"Sesuai dasa darma, bagaimana cara kita memberikan hal baru kepada anak didik kita. Yang sebelumnya kita nyaris 90 persen di kelas, sekarang berbagi waktu, tenaga dan pengalaman baru kepada anak-anak di luar kelas, seperti halnya kegiatan kepanduan," jelasnya.

Sebelum di arahkan bagi guru, kepala sekolah dianggap orang pertama yang harus memiliki pemahaman. "Akan ada pelatihan berjenjang, jadi jangan dilewatkan, mungkin sekarang untuk kepala sekolah, selanjutnya nanti akan ada pelatihan juga untuk guru-guru. Kemudian akan ada pelatihan kepanduan juga untuk anak didik kita," pungkasnya.

Sekedar diketahui KMD akan berlangsung selama 10-15 September 2023, dan sabtu ahad akan ada kemah bersama. KMD diikuti oleh 53 peserta yang merupakan 32 Kepala Sekolah dan 21 Gugus Depan.(*)

  • Bagikan