Buka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, Wabup Maros: Kita Sementara Membangun Bumi Perkemahan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Dinas Pendidikan Kabupaten Maros bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Maros dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar.

Kursus Mahir Dasar (KMD) tersebut diikuti oleh para Kepala Sekolah dan alumni Guru Penggerak Tingkat SMP. Dibuka langsung oleh Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Maros.

Dalam sambutannya, Suhartina kembali mengingatkan, Pramuka merupakan kegiatan nasional yang wajib dilakukan di semua satuan pendidikan dan sekolah. Untuk itu, Kepala Sekolah selaku pucuk pimpinan, perlu memiliki pemahaman terkait kepramukaan.

"Pembinaan mental, jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, sosial, kemanusiaan, semua ada di pramuka. Sebagai pengambil keputusan di tingkat sekolah, kepala sekolah harus memberikan contoh teladan bagi staf, guru, dan siswa-siswi di lingkungannya," ungkapnya.

Kepramukaan di Kabupaten Maros sebut Suhartina, sangat ia cita-citakan bisa lebih baik, semakin besar, dapat menjadi role model dan terfasilitasi dengan baik. Hal ini terbukti dengan beberapa gerakan selama tiga tahun masa kepemimpinannya.

"Saya bersama Pak Bupati sudah tiga tahun ini senantiasa mensupport kegiatan-kegiatan pramuka. Baik melalui danah hibah, bangunan atau pun gedung-gedung kepramukaan, sekretariat kita pindahkan dan benahi, dan sekarang kita sementara membangun bumi perkemahan," bebernya.

Kedepan bahkan, bumi perkemahan tidak menutup ruang bagi organisasi kepemudaan. Jika ingin menggunakan, selama positif pihak tidak segan untuk memberikan izin.

  • Bagikan