PT Vale Kenalkan Praktik Pertambangan Baik pada Generasi Z

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Upaya PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) untuk mengenalkan komitmen praktik pertambangan yang baik ke masyarakat terus dilakukan. Kali ini, PT Vale menyasar generasi Z berasal dari kalangan akademik yakni mahasiswa di Kampus Unhas.

Pada ajang Sharing knowledge yang digelar PT Vale bersama Universitas Hasanuddin di Baruga AP Pettarani Unhas pada Selasa 17 Oktober 2023, manajemen PT Vale memperkenalkan bagaimana penerapan kaidah pertambangan yang baik.

Head of People and Culture PT Vale Indonesia, Gustaf Ganna Songgo, menjelaskan tiga tagline perusahaan PT Vale Indonesia yang menunjukkan perusahaan tersebut peduli dengan masa depan dan lingkungan, serta memperhatikan aspek keselamatan dalam bekerja. Tagline tersebut di antaranya safety yes production yes, save nature save future, dan no health no life.

Director Operational Planning and Geotechnical Obes Silalahi dalam paparannya menyampaikan beberapa contoh penerapan kaidah pertambangan yang baik. Sebagai contoh, luas lahan tambang yang direklamasi sampai bulan September 2023 mencapai 138.23 hektar (Ha), sehingga total lahan tambang yang telah direklamasi mencapai 3.635 Ha

“Tak hanya mereklamasi, kami juga melakukan rehabilitas Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan menanam pohon di luar area kontrak karya. Bertujuan untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan fungsi DAS untuk penyerapan karbon,” jelasnya

Salah satu peserta, Chassya Jolensia, yang merupakan alumni mahasiswi jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas, mengaku event tersebut sangat keren karena memberinya banyak pemahaman baru tentang tambang yang ramah lingkungan.

  • Bagikan